Selasa, 20 Juni 2023

Resume ke-1 KBMN 29

Judul                     : Magnet Untuk Menulis

Resume ke           : 1

Gelombang         : 29

Hari/Tanggal       : Senin, 19 Juni 2023

Tema                     : Menulis Setiap Hari

Narasumber       : Dr. Wijaya Kusuma, M.Pd.

Moderator          : Raliyanti, S.Sos, M.Pd.



Oleh : Feriati R

                Keraguan di hati untuk mulai menulis di Blog mulai terkikis setelah malam ini, Senin 19 Juni 2023 mengikuti pertemuan pertama Kelas Belajar Menulis Nusantara. Walau ada keraguan di hati apakah bisa istiqomah mengikutinya sampai 30 pertemuan, tapi terasa magnet untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang hebat yang sangat ispiratif menarik-narik untuk bergabung mengalahkan kerguan yang ada di hati.

                Pertemuan pertama yang dipandu oleh moderator Ibu Raliyanti, S.Sos, M.Pd. mulai menyulutkan semangat untuk  bertekad  mengikuti kelas ini. Tips pertama agar lancar mengikutinya adalah dengan menyiapkan perangkat HP atau laptop dengan batere yang full. Siapkan juga charger untuk berjaga-jaga kalau tiba-tiba lowbatt, juga bisa juga menyiapkan minuman dan cemilan untuk menemani belajar. Tak lupa juga beliau mengingatkan untuk membuat resume materi yang diberikan di blog masing-masing peserta.

                Dengan  diawali  doa acara Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) pertemuan pertama pun dimulai.  Adapun susunan acara malam hari itu yaitu: Pembukaan,  Paparan Materi, Tanya Jawab, dan  Penutup.Magnet menulis menguat manakala moderator memperkenalkan narasumber malam itu. Beliau adalah Bapak Dr. Wijaya Kusuma, M.Pd., atau biasa dikenal dengan sapaan OmJay, founder KB MN, yang sangat menginspirasi dan low profile. Kiprahnya di bidang literasi sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tantangan dimulai ketika malam itu, OmJay berbagi ilmu menulis dengan tema, Menulis Setiap Hari.  Menurut beliau, membaca dan menulis adalah sebuah kebutuhan, sama halnya dengan makan dan minum, oleh karena itu kita perlu menulis setiap hari. Di tengah-tengah kesibukan Beliau di dunia pendidikan terbukti banyak sekali tulisan dan prestasi yang sudah diraihnya. Dari buku yang dibagikan malam itu berjudul Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa  yang Terjadi, banyak sekali ilmu yang akan kita dapatkan berkaitan dengan dunia tulis menulis.  Baru membaca daftar isinya saja, rasanya semua permasalahan yang saya alami sudah terjawab. Hal ini membuat semangat untuk belajar lagi tentang dunia tulis menulis menguat.

Malam itu OmJay juga menyampaikan bagaimana menulis itu bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, bahkan dalam keadaan tak ada ide pun bisa menulis. Menulislah Tanpa Ide, karena tanpa disadari ide muncul dengan sendirinya jika kita melihat apa saja yang ada di sekitar kita. Selain itu menulislah dengan senang hati, karena menulis adalah sebuah kebutuhan sama halnya kita makan dan minum. Menurut OmJay, kemahiran berbahasa ada empat, yang pertama  adalah mendengar, , kedua adalah berbicara, ketiga adalah membaca, dan yang keempat adalah menulis. Keterampilan berbahasa adalah kekuatan nalar dan logika yang sangat sejajar, untuk itu Ketika menulis juga diperlukan kekuatan-kekuatan lain, seperti penguasaan symbol-simbol grafis dan suasana sepi.

Mendengar bagaimana OmJay berproses dalam menulis membuat semangat saya menggebu untuk mulai menulis, walau mungkin tak semudah yang saya bayangkan. Namun dari pengalaman yang dipaparkan narasumber saat menyampaikan materi, sungguh menjadi magnet bagi saya untuk mencoba memulai menulis. Seperti yang disampaikan OmJay, bila ingin jadi seorang penulis yang baik, maka berlatihlah menulis setiap hari. Biasakan diri menulis 500 kata tiap hari, hasilnya kita akan terbiasa menulis dan tak pernah kehilangan ide. Semoga ini menjadi motivasi bagi saya untuk bisa mengikuti pelatihan ini dan menjadi penulis yang baik.

 


                                                                                                    Purbalingga, 21 Juni 2023

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume ke-1 KBMN 29

Judul                     : Magnet Untuk Menulis Resume ke           : 1 Gelombang         : 29 Hari/Tanggal       : Senin, 19 Juni ...